Inilah Beberapa Cara Merawat Rambut Rusak

Inilah Beberapa Cara Merawat Rambut Rusak – Sahabat sekalian pada kesempatan kali ini Blog ini akan share artikel mengenai Cara Perawatan Rambut Rusak. Yup seringkali kita merasa jengkel jika rambut kita yang merupakan mahkota jadi rusak. Nah berikut ini seditik tips agar rambut menjadi sehat kembali. Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutris penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat.

  1. Pakai masker bawang merah dan bawang putih. Bahan alami juga bisa jadi cara merawat rambut rontok. Kali ini Anda bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.
  2. Konsumsi suplemen penyubur rambut, Cara merawat rambut rontok yang terakhir adalah dengan menyehatkannya dari dalam. Dilansir Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan.
  3. Rawat dengan tonik daun jambu. Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan tonik daun jambu yang bisa Anda buat sendiri. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.
  4. Menggunakan produk kesehatan rambut atau perawatan di salon saja tidak cukup untuk memperoleh rambut indah yang Anda inginkan. Anda juga perlu asupan nutrisi yang memadai. Nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut, antara lain adalah: Protein akan memperkuat rambut dan juga fungsi lain yang penting untuk tubuh. Konsumsi protein per hari dianjurkan sekitar 46 gram, yang kurang lebih setara dengan 200 mililiter susu kedelai, 7 butir telur, 170 gram daging tanpa lemak, atau 6 cangkir susu. Mengonsumsi asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan sebanyak dua kali per minggu akan membantu melembapkan rambut, ditambah melindungi organ jantung dan membantu meringankan gejala pada penderita depresi. Kedua zat gizi ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan rambut. Nutrisi ini dapat diperoleh dari daging tanpa lemak atau kacang kedelai, dan dianjurkan untuk dikonsumsi dua kali per minggu.
Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Ini disebabkan kurangnya kelembapan pada batang rambut. Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar? Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering. Cara merawat rambut kering yang pertama adalah dengan kondisioner. Kalau rambut Anda kering, maka kondisioner adalah produk yang wajib digunakan sehabis keramas. Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan masker rambut atau hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun. Cara merawat rambut yang ketiga adalah dengan menggunakan hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika. Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan mengaplikasikan vitamin rambut pada rambut Anda. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.[gs]

Related Posts: