Tips Cuci Popok Kain Bayi yang Ibu Harus Tahu

Saat memakaikan popok kain untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah cara cuci popok kain. Sebagai seorang ibu, kamu harus cermat saat mencuci pakaian si kecil terutama dalam menentukan detergen. Selain harus bisa mengangkat kuman dan noda pakaian, penggunaan deterjen juga harus aman untuk bayi. Jadi, gunakan sabun bayi tidak pedih dimata.
Popok kain memang sering menjadi pilihan karena dinilai lebih ekonomis dan penggunaannya bisa berulang-ulang. Jadi, jangan beranggapan kalau popok kain justru membuat kamu ribet, ya. Ini tidak seperti yang kamu pikirkan kok asalkan kamu tahu prosedur membersihkannya dengan benar.

Bagaimana cara mencuci popok kain?
Kamu perlu mengetaahui perbedaan mencuci pakaian lain dan mencuci popok kain. Perbedaan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:
      Popok harus dicuci pada siklus dingin sebelum dicuci dengan air hangat atau panas.
      Pencucian popok harus dilakukan secara rutin setiap satu hingga tiga hari.
      Popok harus dicuci hanya dengan popok lainnya. Jadi, sebelum mencuci harus dipisahkan dulu antara popok dengan pakaian yang lain.
Cukup mudah, bukan? Pertanyaan selanjutnya yang umum dipertanyakan adalah bagaimana cara mencuci popok sebelum pertama kali digunakan? Kalau yang itu, kamu melakukan beberapa hal berikut ini.
Cara mencuci popok kain untuk pertama kali
Jika kamu akan beralih dari produk sekali pakai ke produk popok kain, kamu harus tetap mencuci popok baru sebelum kamu gunakan untuk pertama kalinya pada anak. Mengapa demikian?  Sebab, hal ini bisa memaksimalkan kapasitas penyerapan popok, lho.
Tipe popok akan mempengaruhi siklus pencucian popok. Jadi, sebelum mencuci, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara penggunaannya dulu.
Nah, itulah tadi beberapa cara untuk mencuci popok kain. Jadi, kamu harus lebih memperhatikan keterangan di balik kemasan, baik saat memilih deterjen untuk mencuci pakaian bayi maupun memilih sabun bayi. Gunakan bahan yang aman untuk bayi supaya tidak timbul iritasi dan gunakan sabun yang tidak perih dimata. Semoga bermanfaat.

Related Posts: