Tips Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir


Tips Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir - Cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk harus berhati hati karena kucing belum bisa makan sembarang makanan. Coba bayangkan kucing baru lahir diberi daging ayam yaa cuma dibiarkan saja, bayi kucing belum mampu memakan makanan yang keras. Lalu anak kucing baru lahir makan apa yaa? Nahh penasaran? Yukk langsung simak cara merawat anak kucing baru lahir biar kamu tau semuanya. Tau gak kalau ternyata memberi susu kemasan pada bayi kucing malah bisa membuatnya menjadi mati? Yaa kadang banyak yang berfikir bahwa kucing baru lahir minumnya susu, terus ketika induk sudah gak ada kita belikan tuhh susu instan buat kucing, dan tentu kita mesti mengetahui Tips Memilih Kucing yang baik dan sehat ya.
  • Pijat perut kucing agar dia bisa PUP. Biasanya induk kucing akan menjilati bagian perut kucing tapi karena keadaan induk yang tidak ada jadi kamu yang bertugas untuk mengelus elusnya. Caranya bisa kamu elus elus langsung atau menggunakan kapas yang sudah dibasahi. Memijat perut kucing ini kamu juga bisa mendekatkan diri padanya, coba kamu rasakan bulu bulu halus itu di jari jari mu. Kelembutan kulit kucing akan membuatmu merasa ikut memiliki kucing tersebut.
  • Melatih anak kucing untuk bergerak. Ketika anak kucing sudah mulai tumbuh latih dia untuk bergerak, ajak bermain main dan juga sering sering menyentuhnya. Naluri anak kucing adalah bermain main, jadi bisa juga dengan membuat alat untuk mengajaknya bermain, itulah Cara melatih anak kucing.
  • Tempatkan kucing pada tempat yang nyaman. Kucing yang baru lahir biasanya akan merasakan kedinginan, jadi berikan dia tempat yang nyaman dan hangat untuk dia beristirahat. Bisa menggunakan potongan handuk atau kain lainnya yang memiliki tekstur lembut. Kucing yang ditinggal induknya dia akan merasa kehilangan kehangatan yang diberikan oleh induknya. Usahakan beri kandang khusus untuk dia dan beri kenyamanan dengan mengatur suhu yang tidak dingin dan tidak juga panas.
  • Membersihkan kotoran mata pada kucing. Biasanya induk kucing akan menjilati mata anak anaknya agar bersih tapi yaa nasib si anak kucing gak punya induk. Cara membersihkannya kamu bisa mengambil lap lalu kamu kasih air hangat lalu mengelap matanya secara perlahan. Lap dari atas ke bawah. Bisa juga membersihkannya dengan tisu basah. Mungkin untuk beberapa orang yang tidak suka dengan binatang akan merasa jijik dengan muka kucing yang penuh dengan kotoran, tapi tolong bersihkan yaa, kan kasian tuhh anak kucing yang udah piatu
  • Menyediakan box yang berisi pasir untuk buang kotoran kucing. Memang sihh anak kucing belum bisa pup di tempat yang disediakan tapi setidaknya sediakan dulu tempat untuk mewadahi pup kucing. Kotak boks ini bisa kamu isi pasir agar pup tidak mengotori wadahnya.
  • Memberi susu khusus untuk kucing baru lahir. Seperti yang dibahas pada awal bagian ini, memberi susu pada kucing sebagai pengganti susu dari induknya. Susu memberi nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk terus hidup. Karena di awal kelahiran kucing hanya mampu minum air susu, kucing belum bisa makan sembarangan. Pemilihan susu yaitu susu yang sudah diramu khusus untuk diberikan pada kucing. Bisa kamu beli di toko hewan. Susu khusus kucing ini diwadahi dalam botol khusus pula untuk diberikan pada kucing. Sekarang ada loo empeng untuk kucing, yaa karena peminat kucing makin banyak.[gs]


Related Posts: