Membuat Pernikahan Ramah Lingkungan? Mengapa Tidak?

 Seiring dengan gencarnya gerakan hidup sehat akhir-akhir ini, konsep pesta pernikahan yang ramah lingkungan pun banyak digandrungi orang. Pesta yang ramah lingkungan memiliki maksud untuk tetap mencintai alam dengan tidak menimbulkan banyak sampah, polusi, dan segala sesuatu yang dapat merusak bumi.

Pesta pernikahan seperti ini juga terbilang hemat biaya. Salah satunya tidak perlu menggunakan pencahayaan yang terlalu banyak karena mengandalkan cahaya alami dari matahari. Otomatis persediaan listrik juga akan aman, tidak perlu tambahan genset yang membuat Anda harus mencari tempat sewa genset Surabaya yang terdekat dari venue.


Jika Anda ingin juga mengusung tema serupa, ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mewujudkannya. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Venue
Pilihlah venue yang strategis dan mudah dijangkau agar bisa mengurangi polusi dari kendaraan bermotor. Venue tersebut juga sebaiknya outdoor untuk mengurangi penggunaan listrik yang banyak. Anda bisa memanfaatkan dekorasi ala rustic dengan menggunakan pohon, ranting, tanaman yang sudah ada. Tidak perlu menambah bunga agar tidak terbuang percuma setelah acara.

Catering
Makanan memang menjadi pusat perhatian ketika akan melaksanakan acara pernikahan. Untuk memperkuat konsep ramah lingkungan, gunakan vendor yang juga peduli akan pentingnya hidup sehat. Pilih menu yang sederhana dan menyehatkan. Ingat juga, pikirkan menu yang sesuai dengan lidah para tamu. Sajikan makanan tersebut di wadah alami seperti daun pisang.

Undangan
Sebaiknya buat undangan digital seperti web atau bentuk jpeg yang bisa dikirim melalui platform chat. Jika sekiranya ada beberapa tamu yang harus diundang melalui undangan fisik, gunakan kertas daur ulang dengan sentuhan kreativitas Anda. Agar semakin terkesan alami, gunakan pewarna dari tumbuhan yang menghasilkan warna natural.

Souvenir

Kini sudah banyak souvenir yang berbentuk tanaman seperti kaktus. Anda juga bisa memberikan souvenir tersebut. Ide lainnya yang lebih hemat tempat adalah bibit tanaman. Sertakan cara menanam dan merawatnya juga agar tamu melakukannya di rumah. Di undangan, sebaiknya Anda juga menambahkan info jika tamu ingin memberi hadiah, bungkus dengan kertas koran bekas agar hemat kertas.[ki]

Related Posts: