Tingkat Kepercayaan Investasi Per To Peer Leading di Indonesia

Tingkat Kepercayaan Investasi Per To Peer Leading di Indonesia – Apa Itu P2P Leading?? Peer to peer lending merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup menarik bagi para pemilik dana sebagai bagian dari diversififkasi portofolio investasi Anda sehingga pembagian resiko bisa lebih diratakan dibandingkan hanya mengandalkan jenis investasi konvensional dengan resiko yang tinggi. Skema investasi P2P Lending ini dilakukan dengan cara memberikan pinjaman bagi yang membutuhkan dana yang nantinya akan membayar pinjaman pokok plus bunganya. Bahkan peminjam juga bisa menawarkan reward atau hadiah kepada pemberi pinjaman sebagai bentuk lain dari pembayaran pinjaman yang bisa jadi membuka jalan investasi yang baru bagi Anda sebagai pendana
Masalah permodalan saat ini bukan lagi masalah yang besar, karena sudah mulai bermunculan website yang memberikan solusi untuk pinjaman. Dalam industri teknologi finansial (financial technology) dikenal istilah peer to peer lending (P2P). Seseorang atau pengusaha UMKM dapat meminjam uang dari website P2P. Darimana website P2P tersebut mendapatkan modal? Ya tentu saja mereka dapat dari investor. Salah satu investornya adalah masyarakat, Anda.Peraturan OJK dengan nomor 77/POJK.01/2016 sudah dirilis dan mengawasi perkembangan industri peer to peer lending sehingga meningkatkan kepercayaan, keamanan dan kenyamanan konsumen. Bisa investasi P2P Lending di KoinWorks dengan modal awal Rp 100.000 dengan keuntungan mulai dari 18% per tahun. Dana yang diinvestasikan akan disalurkan ke peminjam untuk modal bisnis, dana kesehatan, dan dana pendidikan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Salah satu P2P leading terbaik di Indonesia adalah di KoinWorks.com.

Apa kewajiban dan hak investor? Investor berkewajiban untuk memilih peminjam dan menyiapkan modal pinjaman. Sebagai gantinya, investor akan mendapatkan hak berupa pengembalian modal dan bunga. Apa kewajiban dan hak peminjam? Peminjam berkewajiban untuk mendaftarkan kebutuhan pinjaman, menyediakan data yang dibutuhkan oleh website Investasi P2P lending. Jika pengajuan pinjaman dapat terpenuhi, maka peminjam harus membayar kembali pokok dan bunganya. Hak yang didapat peminjam adalah uang pinjaman yang diberi oleh investors melalui website P2P lending.
Apa kewajiban dan hak website P2P lending? P2P perlu menyediakan website atau portal yang memfasilitasi antara orang yang mau meminjam dan investor. Selain itu website P2P perlu melakukan analisis risiko, menyusun aturan, menjalankan fungsi operasional, menyeimbangkan antara permintaan pinjaman dan pasokan modal. Sebagai haknya, website P2P lending akan mendapatkan interest rate spread (selisih bunga pinjaman dan bunga investasi) atau biaya provisi.
Contoh interest rate spread: Website P2P lending memberikan bunga pinjaman sebesar 16% dan menawarkan hasil investasi kepada investor sebesar 15%. Maka interest rate spread yang diterima oleh website P2P lending adalah 16% – 15% = 1%.

Contoh biaya provisi: Website P2P lending akan mengenakan biaya provisi kepada peminjam sebesar 1% jika pinjaman dapat terpenuhi. Jadi peminjam hanya akan mendapat 99% dana yang dibutuhkan.[gs]

Related Posts: