5 Solusi Alergi Anak Pada Saluran Pernapasan

5 Solusi Alergi Anak Pada Saluran Pernapasan - Usia anak-anak memang menjadi saat bagi para orang tua untuk lebih waspada, memperhatikan apa saja yang mereka lakukan juga apa saja yang masuk dalam tubuhnya. Karena tak bisa dipungkiri bahwa daya tahan tubuh pada masa ini masih sangat labil, artinya ia akan mudah terkena beragam jenis penyakit, salah satunya adalah alergi. Berbicara mengenai alergi sebenarnya ia memang bukan termasuk dalam kategori penyakit, melainkan masalah bawaan ketika lahir. Jika sudah terkena salah satu jenis alergi, alangkah lebih baik mengetahui solusi alergi anak ini agar tak semakin parah.


Beberapa orang tua mungkin acuh dan tak acuh terhadap masalah tersebut, mengingat alergi tak menimbulkan gejala yang begitu membahayakan, khususnya untuk alergi kulit, namun bagaimana dengan alergi lain seperti pada saluran pernapasan. Buah hati yang kesulitan bernapas tentunya berdampak buruk pada kondisi tubuhnya, karena oksigen yang didapatkan juga berkurang drastis untuk kebutuhan tubuh. berikut ini setidaknya ada beberapa tips dalam mengatasi jenis alergi yang satu ini, diantaranya adalah:

  1. Menjauhkan sumber penyebab alergi, seperti jika ia agak bermasalah dengan bulu atau mungkin serbuk bunga, maka jangan biarkan berdekatan dengan penyebab alergi tersebut. Karena membuatnya akan terserang gejala-gejala alergi.
  2. Pastikan suhu ruangan yang sejuk dan selalu membersihkan rumah Anda, karena khusus beberapa orang yang memiliki alergi pernapasan akan bereaksi juga sudah mencium keberadaan debu.
  3. Lebih banyak konsumsi vitamin D, jenis vitamin yang tak hanya bagus bagi pertumbuhan tulang saja, melainkan juga untuk menjaga tubuh dari serangan alergi.
  4. Gunakan masker jika akan keluar ruangan, khususnya di tempat yang penuh dengan debu, ini akan menghindarkan Anda dari bersin-bersin yang tak berkesudahan.
  5. Jika terkena gejala alergi, segera konsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter, tunggu beberapa jam jika tak kunjung membaik segera bawa ke dokter.

Itulah solusi jika terjadi gangguan alergi pada anak khususnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, sebagai orang tua tentunya Anda harus lebih tanggap untuk menjaga kesehatan buah hati.[gs]

Related Posts: