Peta Persebaran Manusia Purba dan Persebaran Kebudayaannya

Peta Persebaran Manusia Purba dan Persebaran Kebudayaannya - Beberapa petunjuk tentang keberadaan masyarakat awal di Indonesia. Menurut Van Heine Geldern, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia. Prof. Dr. H. Kern mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Campa. Prof. Muh. Yamin mengemukakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Moh. Ali mengemukakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (Cina Selatan). Dr. Brandes mengemukakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia (masyarakat Jawa Kuno) mempunyai kesamaan dengan nenek moyang bangsa-bangsa di sebelah utara Formosa, sebelah barat Madagaskar, dan sebelah timur sampai pantai barat Amerika. Manusia purba dan Homo Sapiens mempunyai perbedaan tubuh. Terutama volume otaknya, Homo Sapiens (manusia cerdas) sudah lebih dari 900 cc. Kehidupan sosial masyarakat pada masa awal di nusantara terbagi dalam masa kehidupansebagai berikut. Hidup pada masa berburu dan mengumpulkan, cirinya: hidup berkelompok; hidup mengembara; belum memiliki tempat tinggal tetap; hidup berburu dan mengumpulkan; hidup di tepi sungai, pantai, dan menggantungkan alam (food gathering). Hidup di masa bercocok tanam, cirinya: hidup sudah menetap, sudah menghasilkan (food producing), menaklukkan alam, masyarakat sudah teratur, hidup gotong royong, mengenal persawahan, di masa perundagian sudah mengenal teknik persawahan irigasi dan pertukangan, serta sudah mengenal logam.
Alat-alat batu pada zaman praaksara di Indonesia terbagi atas zaman Paleolitikum,Mesolitikum, dan Neolitikum. Zaman batu terbagi atas tiga periode atau zaman, yakni zaman Batu tua, zaman BatuTengah, dan zaman Batu Baru.

Tempat temuan manusia praaksara

Tempat temuan alat-alat masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana

Tempat temuan alat-alat masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

 Tempat temuan alat-alat masa bercocok tanam dan benda-benda megalitik

 Tempat temuan kapak persegi dan kapak lonjong

Peta persebaran kapak persegi dan kapak lonjong kebudayaan batu besar dan kebudayaan perungu di Nusantara

Demikianlah artikel mengenai Peta Persebaran Manusia Purba dan Persebaran Kebudayaannya Semoga artikel ini dapat memebrikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.[gs]

Related Posts: