Fungsi Agama atau Religi dan Kepercayaan

Fungsi Agama atau Religi dan Kepercayaan - Agama sering dipahami sebagai kepercayaan kepada Tuhan. Bisa pula dipahami sebagai pengamalan yang berkait dengan kepercayaan tersebut. Namun, sebetulnya agama memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan kepercayaan. Kita bisa mengatakan bahwa sesuatu itu agama apabila ada unsur-unsur: perilaku (sembahyang, membuat sajian, perayaan dan upacara), sikap (seperti hormat, kasih atau takut), pernyataan (seperti mantra, jampi, kalimat suci), dan bendabenda lahiriah (seperti masjid, candi, gereja, tangkal, azimat). Agama memiliki dua fungsi penting; yakni fungsi psikologis dan fungsi sosial.
1. Fungsi Psikologis
Orang meyakini dan mengamalkan ajaran agama kebanyakan untuk meraih ketenteraman. Agama bisa memberi ketenangan dan mengurangi kegelisahan karena percaya ada bantuan supranatural yang dapat diharapkan saat terjadi bencana. Orang yang baru saja terkena musibah gempa bumi, akan merasa tenang apabila ingat dengan Tuhan atau kekuatan supranatural yang ada di atasnya. Selain itu, agama juga bisa memberi tuntunan melalui penggambaran atau cerita makhluk supranatural.
2. Fungsi Sosial
Fungsi lain dari agama antara lain memberi sanksi kepada sejumlah besar tata kelakuan, pemeliharaan solidaritas sosial, pendidikan, dan tertib sosial. Dengan rajin menjalankan perintah ajaran agama, maka akan terbentuk sikap dislipin dan ketaatan. Orang yang taat Di Indonesia terdiri atas bermacam-macam agama. Meskipun demikian, kita harus saling menghormati agar tercipta masyarakat yang rukun dan damai. menjalankan perintah agama akan memiliki perilaku yang terpuji dan mampu membangun kebersamaan dengan manusia yang lain. Coba lihatlah pada dirimu sendiri. Apakah kamu telah taat dalam menjalankan perintah ajaran agama? Lalu, apa dampak yang kamu rasakan setelah tertib dalam menjalankan ajaran agama? Untuk menjawabnya, kamu bisa mengikuti kegiatan di bawah ini.

Dari dalam keluarga hingga hidup di tengah-tengah masyarakat, agama menduduki tempat yang teramat penting. Agama antara lain berperan dalam pembentukan watak dan kepribadian penganutnya. Coba ajaklah orang tua dan anggota keluargamu untuk mendiskusikan fungsi agama. Jelaskanlah fungsi agama dikaitkan dengan pendidikan dan tertib sosial. Selanjutnya, susunlah hasilnyabdalam bentuk laporan.[gs]

Related Posts: