Periodesasi Perkembangan Manusia Pra Aksara di Indonesia

Periodesasi Perkembangan Manusia Pra Aksara di Indonesia - Kebudayaan itu Selalu Berubah-ubah, terlebih kalau ada sebab dari Luar. Perubahan dalam kebudayaan itu mungkin sangat besar dan luas sehingga timbul kebudayaan baru. Pengolahan anasir kebudayaan asing oleh kebudayaan yang terpengaruh itulah menentukan corak baru.
Kebudayaan masa lampau itu sesampainya kepada kita hanya berupa peninggalan-peninggalan. Peninggalan-peninggalan meliputi seluruh usaha manusia. Akan tetapi yang sampai kepada kita sekarang ini hanyalah sebagian kecil, selebihnya lenyap tidak berbekas.
Peninggalan kebudayaan yang berupa kebendaan dapat langsung di teliti dan di selidiki sebab berwuud dan dapat diraba. Akan tetapi peninggalan kerohanian, seperti hasil pikiran, pandangan hidup, serta kepandaian bahasa dan sastra hanyalah dapat ditangkap kalau kita berhubungan dengan para pemilik dan pendukungnya. Karena tidak lagi dapat berhadapan dengan orang pada zaman dahulu, harta kerohanian hanya dapat dikenal kalau sudah dituliskan. Selain itu tentu saja masih ada hal-hal yang tidak dituliskan, tetapi secara lisan dari mulut ke mulut diteruskan secara turun – temurun.
Pembagian zaman dalam searah bumi itu didasarkan atas lapisan kulit bumi. Berdasarkan kenyataan, zaman Praaksara hanyalah meliputi zaman terakhir saja dari pembagian itu, yaitu mulai pada zaman kuarter. Zaman itu dibagi lagi dalam zaman Diluvium dan Aluvium. Dari zaman Aluvium yang berlangsung sekitar 20.000 tahun itu, hanya 6.000 tahun terakhir sajalah yang ditempati oleh sejarah.
Selain pembagian zaman praaksara berdasarkan atas lapisan bumi, ada lagi pembagian yang lebih sering dan dan lebih tepat untuk sejarah kebudayaan, yaitu pembagian meburut arkeologi. Benda buatan manusia itu hanya sebagian kecil yang sampai kepada kita, yaitu terbuat dari bahan bekal, seperti batu dan logam [akan dibahas pada artikel lain diblog ini mengenai zaman batu dan zaman logam]. Okk demikianlah artikel mengenai, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua.[am].

Related Posts: