Jenis-jenis Sejarah

Jenis-jenis Sejarah – Sejarah merupakan llmu yang mempelajari masa lampau kehidupan manusia. Ruang lingkup kajian ilmu sejarah menjadi sangat luas, yaitu segala aspek kehidupan manusia yang meliputi sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, dan lain-lain. Sejarah dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain berdasarkan geografis, lingkup waktu [zaman], tema, dan wilayah kajian.
Searah berdasarkan geografis, antara lain sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah dunia. Sejarah berdasarkan lingkup waktu atau zaman, antara lain sejarah zaman klasik, sejarah zaman pertengahan, sejarah zaman modern, dan sejarah kontemporer. Sejarah berdasarkan tema antara lain sejarah ekonomi, sejarah politik, sejarah sosial, sejarah kebudayaan, sejarah mentalitas, dan sejarah pemikiran. Sejarah berdasarkan wilayah kajian, antara lain sejarah Asia, sejarah Amerika, sejarah Australia, Sejarah Afrika dan sejarah timur tengah.
Berikut ini penjelasan dari beberapa jenis sejarah:
Sejarah dunia
Sejarah dunia mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat meliputi bebagai masalah dari beberapa negara. Misalnya, perang dunia I dan II.
Walaupun lokasi atau wilayah peperangan dari perang dunia I hanya meliputi kawasan eropa, tetapi dampaknya dapat dirasakan di seluruh dunia, terutama dalam masalah eknomi. Perang dunia I telah menimbulkan kehancuran dalam bidang ekonomi, sehingga muncul krisis ekonomi sedunia ( malaissE )tahun 1929.
Disamping itu, perang dunia II yang telah menimbulkan  trauma dalam kehidupan bangsa-bangsa di dunia. Perang dunia II telah menelan korban jutaan manusia yang tidak berdosa, seperti pengeboman kota hirosima dan nagasaki oleh pasukan udara amerika serikat. Oleh karena itu setiap perang yang terjadi di dunia baik perang besar maupun perang kecil mendapat kutukan dari ,asyarakat dunia. Bahakan setiap manusia di dunia dimanapun ia berada tidak perah menginginkan terjadinya perang.
Sejarah nasional
Sejarah nasional mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telag terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal. Sejarah nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsa-bangsanya dalam berbagai sektor seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya.misalnya, peristiwa G30 S / PKI. Peristiwa ini sangat besar dambpaknya terhadap perkenbangan politik nasionalindonesia. Bahkan peristiwa itu telah menimbulkan trauma pada bangsa indonesia, sehingga melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga tertinggi negara, yaitu MPRS, sepakat membentuk ketetapan(Tap MPRS tentang pelarangan perkembangan paham komunis di wilayah indonesia, atau menetapkan bahwa PKI dijadikan sebagai partai terlarang berdiri dan berkembang di wilayah indonesia.
Terdapat banyak peristiwa sejarah yang meliputi tingkat nasional indonesia, seperti peristiwa dekrit presiden 5 juli 1959,krisis moneter dan kepercayaan yang menyebabkan berakhirnya kekuasaan orde baru. Banyak lagi peristiwa lain yang meli[uti tingkat nasional juga dialami oleh negara-negara lainnya, seperti sejarah nasional cina dengan munculnya gerakan nasionalisme cina dibawah pimpinan sun yat sen, sejarah nasional filipina dengan munculnya dengan munculnya gerakan nasionalisme filipina di bawah pimpinan jose rizal.
Sejarah lokal
Sejarah lokal mengandung suatu pengertian, bahwa suatu peristiwa Yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Peristiwa itu muncul hanya untuk daerah yang bersangkutan. Misalnya sejarah lokal tentang jakarta, yogyakarta, sumatra utara,sulawesi selatan, kalimantan timur, dan bali.
Sejarah lokal tentang suatu daerah memuat masalah awal suatu daerah tersebut seperti asal usul daerah bersangkutan sampai kepada perkembangan daerah itu pada masa berikutnya. Dalam sejarah lokal akan muncul tokoh-tokoh lokal yang memperjuangkan daerahnya dan bahkan hingga kini tokoh tersebut menjadi kebanggaan daerah bersangkutan. Contohnya:perjuangan  sultan hasanuddin dari kerajaan goa makasar. Nama dan jasa perjuangan sultan hasanuddin sangat melekat pada masyarakat sulawesi selatan. Begitu pula dengan tokoh-tokoh daerah lainnya, tak akan pernah pudar dihati masyarakatnya. Bahkan masyarakat memiliki kebanggan terhadap tokoh-tokoh pejuang dari daerahnya.[gs]

Related Posts: