Heuristik Dalam Penelitian Sejarah

Heuristik DalamPenelitian Sejarah – Heuristik atau pengumpulan sumber merupakan istilah yang berasal dari kata Yunani, Heuriskein yang berarti menemukan. Heuristik adalah langkah awal dalam penelitian sejarah untuk berburu dan mengumpulkan sumber-sumber yang relevan atau sesuai dengan masalah yang sudah diteliti.
Untuk melacak sumber tersebut, sejarawan dapat mengumpulkan dokumen, mengunjungi situs sejarah, atau dengan mewawancarai saksi sejarah (metode sejarah lisan).
Tentu saja sebelum mengumpulkan data, sejarawan telah merumuskan masalah yang akan diteliti. Melalui rumusan masalah yang akan diajukan, keakuratan data dapat diketahui walaupun tidak semua sumber data tersedia. Salah satu tempat untuk mencari sumber, sejarawan dapat berburu ke museum atau tempat lain yang relevan demi menjaga kulitas penelitian.
Heuristik Atau Mencari Jejak
Kita ingat bahwa peristiwa masa lampau terdiri atas begitu banyak periode dan dibagi-bagi atas begitu banyak bagian, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan militer. Sumber-sumber datanya pun beraneka ragam. Dengan demikian, usaha untuk menemukan sumber-sumber data dalam mempelajari atau melakukan penelitian sejarah akan sangat sukar, apalagi tanpa diadakan klasifikasi atau penggolongan dari sekian banyak sumber itu.[am]

Related Posts: