Bangunan Megalithik di Indonesia

Bangunan Megalithik di Indonesia – Adapun jenis bangunan megalithik yang ada di Indonesia dan berhubungan dengan kepercayaan adalah sebagai berikut:
Menhir
Menhir adalah tugu besar dibuat dari batu inti yang masih kasar. Bangunan ini biasa ditemukan di Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan.
Dolmen
Dolmen adalah sebuah batu besar seperti meja, daun dan kakinya terbuat dari batu utuh yang dihaluskan. Bangunan dolmen ditemukan di Bondowoso Jawa Timur. Benda ini berfungsi untuk meletakkan sesajen yang dipersembahkan untuk roh nenek moyang. Dolmen ini biasanya terletak diatas kubur batu nenek moyang.
Reruntuhan Bangunan Punden Berundak
Sarkofagus
Sarkofagus adalah peti jenazah terbuat dari batu yang ddibentuk seperti lesung, tetapi agak bulat, terdiri atas wadah dan penutup. Benda ini banyak ditemukan di Bali. Apabila diperhatikan dengan seksama, sarkofagus ini memiliki bentuk yang fungsional, yaitu ada bagian yang khusus didesain untuk kepala mayat.
Peti Kubur batu
Peti kubur batu adalah bangunan berupa peti batu dengan empat buah papan batu atau lebih dengan bentuk sebagai peti mati zaman sekarang. Benda ini banyak ditemukan di Sumatera dan Kuningan jawa barat, Peti kubur batu ini juga ditemukan di daerah Sulawesi Utara dan Tengah, namun namanya bukan peti kubur batu, tetapi Waruga.
Dari bentuk peti kubur batu ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia pada masa ini telah tinggi ilmu pengetahuannya tentang ilmu ukur. hal ini dapat dilihat dari pertemuan antarbatu tersebut yang telah simetris.
Punden Berundak
Punden Berundak adalah bangunan pemuajaan yang tersusun bertingkat-tingkat. Bangunan ini adalah asal mula yang melatarbelakangi munculnya bangunan candi di Indonesia.[am]

Related Posts: